Minggu, 06 Januari 2013

Negara Bagian Texas

Texas adalah kedua yang paling padat penduduk dan kedua terbesar dari 50 negara bagian di Amerika Serikat, dan negara terbesar di 48 Amerika Serikat berdekatan. Terletak di Tengah Selatan Amerika Serikat, Texas berbagi perbatasan internasional dengan negara bagian Meksiko, Chihuahua, Coahuila, Nuevo León, dan Tamaulipas ke selatan, dan perbatasan negara bagian AS New Mexico ke barat, Oklahoma ke utara, ke Arkansas laut dan Louisiana ke timur. Texas memiliki luas 268.820 mil persegi (696.200 km2), dan pertumbuhan populasi dari 26,1 juta penduduk.

Houston adalah kota terbesar di Texas dan keempat terbesar di Amerika Serikat, sementara San Antonio adalah yang terbesar kedua di negara bagian dan ketujuh terbesar di Amerika Serikat. Dallas-Fort Worth dan Greater Houston adalah terbesar keempat dan kelima Amerika Serikat metropolitan area, masing-masing. Kota-kota besar lainnya termasuk El Paso dan Austin-ibukota negara. Texas dijuluki Lone Star State untuk menandakan Texas sebagai republik independen mantan dan sebagai pengingat perjuangan negara untuk kemerdekaan dari Meksiko. The "Lone Star" dapat ditemukan pada bendera negara bagian Texas dan di segel negara Texas hari ini.

Karena ukuran dan fitur geologi seperti Patahan Balcones, Texas mengandung beragam pemandangan yang menyerupai baik Amerika Selatan dan Barat Daya. Meskipun Texas yang populer terkait dengan gurun Barat, kurang dari 10% dari luas daratan adalah gurun. Sebagian besar pusat populasi berada di daerah padang rumput bekas, padang rumput, hutan, dan pantai. Perjalanan dari timur ke barat, seseorang dapat mengamati medan yang berkisar dari rawa pesisir dan hutan pinus, untuk bergulir dataran dan bukit terjal, dan akhirnya gurun dan pegunungan Big Bend.

Istilah "enam bendera di Texas" berasal dari beberapa negara yang telah memerintah atas wilayah tersebut. Spanyol adalah negara Eropa pertama yang mengklaim wilayah Texas. Perancis mengadakan koloni singkat di Texas. Meksiko menguasai wilayah sampai 1836 ketika Texas memenangkan kemerdekaannya, menjadi sebuah Republik independen. Pada tahun 1845 ia bergabung dengan Amerika Serikat sebagai negara ke-28. Aneksasi negara memicu rantai peristiwa yang menyebabkan Perang Meksiko-Amerika pada tahun 1846. Sebuah negara budak, Texas menyatakan memisahkan diri mereka dari Amerika Serikat pada awal 1861, bergabung dengan Amerika Konfederasi Amerika selama Perang Saudara Amerika. Setelah perang dan pemulihan untuk Union, Texas memasuki periode panjang stagnasi ekonomi.

Salah satu industri yang berkembang Texas setelah Perang Sipil adalah ternak. Karena sejarah panjang sebagai pusat industri, Texas dikaitkan dengan citra koboi. Nasib ekonomi negara berubah di awal abad 20, ketika penemuan minyak memulai sebuah ledakan ekonomi di negara tersebut. Dengan investasi yang kuat di universitas, Texas mengembangkan diversifikasi ekonomi dan industri teknologi tinggi di pertengahan abad ke-20. Pada 2010 itu saham puncak daftar perusahaan Fortune 500 dengan paling California pada 57. Dengan basis pertumbuhan industri., Negara memimpin dalam banyak industri, termasuk pertanian, petrokimia, energi, komputer dan elektronik, aerospace , dan ilmu biomedis. Texas telah memimpin bangsa dalam pendapatan ekspor sejak tahun 2002 dan memiliki produk negara tertinggi kedua gross.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar