Minggu, 06 Januari 2013

Kondisi Geologi Texas

Texas adalah bagian selatan dari Great Plains, yang berakhir di selatan melawan Sierra Madre Occidental dilipat Meksiko. Kerak benua membentuk craton Mesoproterozoic yang stabil yang berubah di margin benua yang luas dan kerak transisi ke kerak samudera sebenarnya dari Teluk Meksiko. Batuan tertua in Texas dari Mesoproterozoic dan sekitar 1.600 juta tahun.

Batuan beku dan metamorf Prakambrium mendasari sebagian besar negara, dan terpapar di tiga tempat: Llano mengangkat, Van Horn, dan Pegunungan Franklin, dekat El Paso. Batuan sedimen overlay sebagian besar batuan kuno. Sedimen tertua yang disimpan di sisi-sisi margin benua dibelah, atau passive margin yang berkembang selama waktu Cambrian.

Margin ini ada sampai Laurasia dan Gondwana bertabrakan di subperiod Pennsylvania untuk membentuk Pangea. Ini adalah puncak terkubur dari Appalachian Mountains-Ouachita Pegunungan zona tabrakan benua Pennsylvania. Ini puncak orogenic yang saat ini terkubur di bawah tren Antonio Dallas-Waco-Austin-San.

Gunung-gunung Paleozoikum akhir runtuh saat rifting pada periode Jurassic mulai membuka Teluk Meksiko. Pangea mulai pecah di Triassic, tetapi dasar laut menyebar untuk membentuk Teluk Meksiko terjadi hanya dalam Jurassic pertengahan dan akhir. Garis pantai bergeser lagi ke sisi timur negara dan Teluk Meksiko passive margin mulai terbentuk.

Hari ini 9 mil (14 km) sampai 12 mil (19 km) dari sedimen yang terkubur di bawah landas kontinen Texas dan sebagian besar cadangan minyak AS masih berada di sini. Pada awal pembentukannya, Teluk Meksiko baru jadi cekungan dibatasi dan air laut sering menguap sepenuhnya untuk membentuk deposito evaporite tebal usia Jurassic. Deposito tersebut membentuk garam diapirs garam kubah, dan ditemukan di Texas Timur sepanjang pantai Teluk.

East Texas singkapan terdiri dari sedimen Kapur dan Paleogen yang berisi simpanan penting dari lignit Eosen. Sedimen Mississippian dan Pennsylvania di utara, sedimen Permian di barat, dan sedimen Kapur di timur, di sepanjang pantai Teluk dan keluar di landas kontinen Texas mengandung minyak. Oligosen batuan vulkanik yang ditemukan di barat jauh Texas di daerah Big Bend. Sebuah selimut sedimen Miosen dikenal sebagai pembentukan Ogallala di wilayah dataran tinggi barat merupakan akuifer yang penting. Terletak jauh dari batas lempeng tektonik aktif, Texas tidak memiliki gunung berapi dan gempa bumi beberapa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar